Cara Menciptakan Sangkar Burung Puyuh Modern Kapasitas 1.000 Ekor

Peluang bisnis dalam bidang peternakan masih menyimpan potensi laba yang sangat menjanjikan. Salah satunya perjuangan budidaya burung puyuh petelur maupun pedaging. Keuntungan yang bisa didapatkan jutaan rupiah perbulan. Untuk membuka perjuangan budidaya burung puyuh sebanyak 1000 ekor pastinya membutuhkan modal yang besar yaitu pembelian bibit puyuh dan pembuatan sangkar puyuh. Kandang bagi burung puyuh merupakan sarana untuk bertempat tinggal atau rumah. Berdasarkan pengalaman penulis, dalam memulai perjuangan beternak burung puyuh peranan sangkar sangat penting yang menentukan keberhasilan usaha ternak burung puyuh di masa kini dan mendatang.

Cara Membuat Kandang Puyuh Modern yang Baik
Untuk menciptakan sangkar burung puyuh modern yang baik sangat mudah. Anda bisa menggunakan aneka macam macam materi yang murah hingga yang termahal dengan berkualitas baik. Tapi kalau modal uang anda terbatas tidak ada salahnya menciptakan sangkar puyuh dengan materi murah. Dengan pemilihan materi baku sangkar burung puyuh yang murah akan bisa memperkecil biaya modal perjuangan ternak puyuh. Salah satu materi sangkar burung puyuh yang kerapkali dipakai oleh para peternak yakni bambu dan kayu strimin yang dilengkapi dengan penggunaan kawat srimin.
 Peluang bisnis dalam bidang peternakan masih menyimpan potensi laba yang sangat men Cara Membuat Kandang Burung Puyuh Modern Kapasitas 1.000 Ekor

Desain atau model sangkar puyuh yang salah bisa berakibat pada produksi telur tersendat dan pertumbuhan burung puyuh kurang optimal. Oleh lantaran itu, ketika anda hendak merencanakan untuk mendirikan perjuangan ternak burung puyuh maka harus mempelajari cara menciptakan sangkar burung puyuh yang baik dan benar. Supaya peranan sangkar bisa maksimal dan memperlihatkan efek konkret yang sangat besar terhadap perkembangan burung puyuh cepat besar dan banyak bertelur.

Ada aneka macam pola desain dan model sangkar burung puyuh bagi kapasitas 1000 ekor yang bisa teman buat sendiri. Dari sangkar burung puyuh yang sederhana berbiaya murah, sangkar puyuh modern hingga sangkar puyuh canggih dan rumit dengan biaya pembuatan sangat mahal. Apapun pilihannya bisa diadaptasi dengan modal yang anda miliki. Cara paling mudah tentu saja membeli sangkar burung puyuh kapasitas 1000 ekor yang sudah jadi di para peternak lokal terdekat. Atau anda membeli sangkar burung puyuh secara online di marketplace bukalapak, tokopedia, shopee dan toko online.

Cara Membuat Kandang Burung Puyuh Modern Kapasitas 1.000 Ekor
Untuk lebih lengkap dan rinci, berikut ini cara menciptakan sangkar burung puyuh modern kapasitas 1000 ekor bagi para pemula, antara lain:

1. Pemilihan materi yang tepat
Langkah pertama, ketika hendak menciptakan sangkar burung puyuh yakni menentukan materi utama yang hendak digunakan. Apakah menciptakan sangkar puyuh besi yang menggunakan materi besi yang populer awet. Ataukah menggunakan materi kayu yang bisa menjaga suhu di dalam sangkar stabil. Apapun pilihannya, anda harus bisa mempertimbangkannya secara matang. Sebab ini diadaptasi dengan modal keuangan yang anda miliki serta selera.

Kandang burung puyuh yang terbuat dari besi pastinya mempunyai kelebihan dari segi daya tahan yang sangat usang atau awet. Sedangkan sangkar burung puyuh dari materi kayu bambu dan kayu reng mempunyai daya tahan dalam masa tertentu. Namun selama anda merawat dengan baik, sangkar burung puyuh yang terbuat dari kayu bambu dan kayu reng bisa tahan usang dan abadi hingga lima tahun lebih. Tak kalah dibandingkan dengan sangkar burung puyuh dari materi besi.

2. Menentukan luas kandang
Bagi anda yang menentukan untuk beternak burung puyuh sebanyak 1000 ekor tentu akan bertanya berapa ukuran sangkar puyuh kapasitas 1000 ekor?  Sebenarnya tidak ada patokan khusus ukuran sangkar burung puyuh kapasitas 1000 ekor.  Tapi menurut keterangan para peternak burung puyuh di pedesaan bahwa ukuran sangkar burung puyuh modern kapasitas 1000 ekor sekitar 90 cm untuk panjang, 60 centimeter untuk lebar dan 170 centimeter untuk tinggi kandang. Kandang tersebut dibentuk bertingkat. Dalam satu sangkar terdapat 100 ekor. Kaprikornus untuk beternak burung puyuh kapasitas 1000 ekor membutuhkan 10 kandang.

Jika anda kesulitan untuk membuat kandang burung puyuh modern kapasitas 1000 ekor maka anda bisa mencari cara paling mudah dan simpel dengan membeli sangkar burung puyuh di para peternak yang jual sangkar puyuh. Harga sangkar burung puyuh kapasitas 1000 ekor menggunakan materi kayu reng dan bambu dikombinasikan dengan kawat strimin lengkap sebesar Rp 2,5 juta.

3. Menentukan model sangkar puyuh modern
Rumah sangkar puyuh laksana rumah bagi burung puyuh itu sendiri. Sehingga harus dibentuk senyaman mungkin. Seiring dengan perkembangan jaman dikala ini, cara menciptakan kandang puyuh 2018 sangat berbeda dengan cara usang yang masih tradisional. Anda bisa menciptakan sangkar puyuh baterai maupun bertingkat.

Untuk tipe dan model sangkar burung puyuh ada tiga pilihan yaitu : tipe sangkar boks, tipe sangkar liter dan tipe sangkar baterai. Namun sangkar puyuh tipe baterai sering dipakai untuk ternak burung puyuh petelur kapasitas 1000 ekor. Keunggulan sangkar burung puyuh tipe baterai yakni mudah dalam pembuatan, mudah sekali dipindahkan ke kawasan yang diinginkan, sanggup dibikin bertingkat-tingkat, dan tak memerlukan lahan yang luas. Dengan lahan sempit pun di pekarangan rumah maka seorang pemula bisa menjalankan perjuangan ternak puyuh dengan sistem sangkar baterai.

4. Persiapan materi dan alat
Inilah bahan-bahan dan alat yang harus dipersiapkan untuk menciptakan sangkar burung puyuh tipe baterai yaitu paku, karpet, triplek, kawat strimin, kayu reng, bilahan bambu, gergaji, palu dan lain sebagainya.

5. Pembuatan rangka
Setelah semua peralatan dan materi telah ada, langkah berikutnya yakni menciptakan pondasi atau rangka sangkar ternak burung puyuh petelur dan pedaging.

6. Pembuatan dinding kandang
Setelah pembuatan rangka sudah jadi menggunakan tiang besi atau bambu, selanjutnya memasang dinding menggunakan bilahan bambu, kayu reng dan kawat. Pada belahan dinding memggunakan bilahan bambu harus dijaga kerapatan sehingga burung puyuh tidak bisa keluar.

7. Pembuatan ganjal kandang
Kemudian belahan bawah sangkar bisa menggunakan kawat striming untuk menjaga sangkar selalu bersih. Sebab kotoran pribadi jatuh ke bawah ke kawasan penampungan kotoran puyuh yang terbuat dari karpet plastik atau triplek. Karena kotoran burung puyuh bisa dijual lagi atau dimanfaatkan untuk pupuk kandang.

Kelebihan Kandang Puyuh Modern Bertingkat Kapasitas 1.000 Ekor
Bagi anda yang menentukan untuk menciptakan sangkar puyuh modern bertingkat untuk budidaya puyuh sebanyak 1000 ekor maka itu pilihan yang sangat tepat. Mengingat ada banyak atau beberapa kelebihan dari sistem sangkar puyuh modern bertingkat, antara lain:

1. Gampang dalam perawatan kandang. Jika ada sangkar burung puyuh yang rusak maka sanggup segera diperbaiki secara langsung.

2. Pembuatan sangat mudah. Untuk menciptakan sangkar burung puyuh bertingkat sanggup dilakukan dengan mudah dan dalam tempo cepat.

3. Praktis dalam pencucian kotoran burung puyuh. Kelebihan lainnya, sangkar burung puyuh modern sistem bertingkat sangat mudah untuk dibersihkan.

4. Praktis sekali untuk dipindahkan apabila dibutuhkan. Dengan cara diangkut satu persatu kandang.

5. Tak membutuhkan biaya besar. Untuk menciptakan sangkar burung puyuh modern bertingkat tak membutuhkan modal yang besar. Dengan modal kecil, pembuatan sangkar puyuh bertingkat bisa selesai dalam waktu singkat.

Cara Penempatan Kandang Puyuh yang Baik
Setelah sangkar burung puyuh sudah jadi, berikutnya yakni menempatkan sangkar burung puyuh di kawasan yang cocok dengan habitatnya, antara lain:

1. Menempatkan sangkar puyuh yang jauh dari bunyi bising atau jauh dari permukiman penduduk. Hal ini dilakukan biar perjuangan budidaya burung puyuh tidak mengganggu masyarakat sekitar. Disebabkan polusi yang diakibatkannya. Selain itu, dengan lokasi sangkar yang jauh dari permukiman warga biar burung puyuh tidak mudah stres dan lebih hening dan nyaman dalam berkembang biak dan menghasilkan banyak telor.

2. Lokasi strategis. Yang dimaksud lokasi strategis bagi perjuangan ternak burung puyuh yakni mudah dijangkau dengan sarana kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal ini akan memudahkan dalam trasnsportasi atau pendistribusian telur dan burung puyuh dari tingkat hulu hingga tingkat konsumen akhir.

3. Menempatkan sangkar puyuh di lokasi yang kondusif dari banjir, longsor dan bebas dari serangan penyakit berbahaya.

Usaha Budidaya Burung Puyuh untuk Pemula
Sebagai seorang pemula dalam perjuangan budidaya burung puyuh tentu akan kesulitan untuk membuka perjuangan ini dari awal hingga berdiri. Apalagi modal yang dimilikinya sangat terbatas. Mengingat untuk mendirikan perjuangan ternak burung puyuh sebanyak 1000 ekor membutuhkan biaya besar. Untuk modal pembelian bibit puyuh sudah mencapai Rp 7 juta. Belum ditambah biaya pakan dan biaya pembuatan sangkar burung puyuh. Ada banyak hal yang harus dipelajari. Dimulai dari mencari supplier atau pemasok bibit puyuh, pembuatan sangkar puyuh, perawatan burung puyuh, hingga pemasaran. Semua itu bisa dipelajari secara mudah satu persatu.

Bagi seorang pemula sangat dianjurkan untuk membuka perjuangan budidaya burung puyuh secara kecil-kecilan. Dengan dimulai 100 ekor bibit burung puyuh. Hal ini mempunyai kegunaan kalau perjuangan ternak burung puyuh gagal maka anda tidak mengalami kerugian yang terlalu besar. Mengingat perjuangan budidaya burung puyuh bagi seorang pemula sangat tinggi tingkat resiko kegagalan dan kerugian. Seperti burung puyuh mengalami kematian, burung puyuh kabur, dll.

Begitu pula dalam pembuatan kandang burung puyuh bagi pemula disarankan sekali menggunakan desain dan model sangkar yang sedehana, simpel dan berbiaya murah. Namun tetap nyaman ditempati burung puyuh. Misalkan pembuatan sangkar burung puyuh dari bambu atau sisa limbah kayu. Sehingga tidak mengeluarkan banyak uang untuk pembuatan sangkar puyuh.

0 Response to "Cara Menciptakan Sangkar Burung Puyuh Modern Kapasitas 1.000 Ekor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel