13 Cara Ternak Angsa Pedaging Untung Jutaan Buat Pemula

Ternak angsa merupakan salah satu jenis usaha budidaya unggas yang paling populer setelah ternak ayam. Adapun yang diambil manfaat dari angsa ialah daging dan telor. Dalam membuka sebuah perjuangan budidaya dan beternak angsa cukuplah gampang untuk dijalankan oleh siapapun. Asalkan mempunyai pengetahuan dasar cara budidaya angsa yang baik dan benar. Namun bagi sebagian orang khususnya pemula beternak angsa pedaging dan petelur cukup sulit. Hal ini dikarenakan mereka belum mengetahui cara dan seni administrasi untuk membesarkan angsa secara gampang dan cepat.

13 Cara Ternak Bebek Pedaging Untung Jutaan Buat Pemula
Bagi anda yang ingin tau dan mau mendapatkan penghasilan pelengkap dari membuka perjuangan angsa pedaging, berikut ini 13 cara ternak angsa pedaging untung jutaan buat pemula, antara lain:
 budidaya unggas yang paling populer setelah ternak ayam 13 Cara Ternak Bebek Pedaging Untung Jutaan Buat Pemula

1. Niatkan untuk ibadah
Pada tahap awal membuka perjuangan ternak angsa pedaging niatkanlah untuk ibadah kepada Allah SWT. Salah satu jalan atau sarana mencari rezeki yang halal. Ucapkanlah bismillah ketika memulai bisnis ternak angsa semoga berkah.

2. Memilih bibit angsa pedaging unggul
Langkah berikutnya ialah menentukan bibit angsa pedaging yang baik. Ada banyak jenis angsa pedaging yang unggul ibarat hibrida, angsa peking dan angsa mojosari. Namun kebanyakan para peternak angsa pedaging lebih menyukai menentukan jenis bibit angsa pedaging dari China yaitu angsa peking yang mempunyai pertumbuhan tubuh sangat cepat.

Pastikan bibit angsa pedaging dipilih yang jantan. Sebab pertumbuhan cepat besar. Dalam waktu 40 hari, hasil budidaya angsa sudah bisa dipanen. Selain itu, harga bibit angsa pedaging jantan dijual lebih murah ketimbang angsa betina. Hal ini juga akan mengurangi biaya operasional usaha beternak angsa pedaging.

3. Memberikan kuliner pada angsa secara seimbang
Dengan kecukupan kuliner bergizi tinggi yang diberikan pada angsa menciptakan angsa pedaging tumbuh cepat besar dalam waktu singkat hingga 40 hari, tumbuh sehat, berpengaruh terhadap banyak sekali macam penyakit dan bongsor. Anda sanggup menciptakan pakan angsa sendiri secara alami. Dengan mencampurkan tepung bulu unggas, tepung jagung, tepung ikan, bekatul, dedak dilengkapi banyak sekali macam sayuran, batang pisang dan daun pepaya.

4. Pemeliharaan dan perawatan angsa yang baik
Hal berikutnya cara budidaya angsa pedaging cepat besar dengan memperhatikan cara pemeliharaan atau perawatan bebek. Pastikan angsa pedaging dipelihara dan dirawat secara baik dan benar serta menyehatkan.

5. Pencegahan dan penanganan penyakit pada angsa pedaging
Yang sering menjadi hambatan dalam perjuangan budidaya angsa pedaging ialah adanya serangan hama dan penyakit pada bebek. Seperti angsa mengidap penyakit Duck Cholera dan Salmonelosis. Adapun ciri atau tanda angsa mengalami penyakit ini yaitu angsa menderita sesak nafas dan mencret. Oleh alasannya ialah itu, untuk mencegah angsa pedaging terkena banyak sekali penyakit maka anda harus rutin menawarkan vaksin pada hewan unggas ini secara teratur dan menjaga kebersihan sanitasi dan sangkar angsa pedaging.

6. Mempersiapkan sangkar angsa pedaging yang nyaman dan ideal
Anda bisa membuat sendiri sangkar ternak bebek potong maupun membelinya di para peternak angsa potong yang bangkrut. Luas sangkar angsa diubahsuaikan dengan jumlah ternak angsa pedaging. Pembuatan sangkar angsa bisa terbuat dari bambu maupun jenis kayu lainnya dengan model panggung. Sehingga angsa pedaging tidak kedinginan dan memudahkan dalam membersihkan kotoran bebek.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya ialah memastikan arah sangkar menghadap ke arah sinar matahari. Sehingga setiap pagi sangkar ternak angsa pedaging terpapar oleh sinar matahari pagi yang menyehatkan, mengandung vitamin D dan bisa membunuh basil penyakit dalam kandang. Yang menciptakan angsa pedaging tumbuh sehat, bongsor dan berdaging tebal. Sediakan pula tempat makan dan minum bagi bebek.

7. Proses perkawinan bebek
Setelah bibit angsa jantan dan betina berkualitas baik sudah tersedia, langkah berikutnya ialah mengawinkan bibit angsa pedaging jantan dan betina. Sehingga didapatkan telur angsa yang berkualitas baik dan keturunan yang tak jauh beda dengan sang indukan yang unggul.

8. Pemberian vitamin
Untuk menjaga kesehatan angsa pedaging maka anda bisa mencampurkan pakan angsa dengan vitamin.

9. Penjemuran bebek
Pada waktu pagi hari yang cerah, anda bisa mengeluarkan angsa dari sangkar untuk dijemur sementara di bawah sinar matahari. Cara ini sangat mempunyai kegunaan semoga angsa tidak stres dan mendapatkan pasokan sinar matahari pribadi yang bermanfaat untuk membunuh penyakit pada angsa pedaging.

10. Menyiapkan penghangat
Untuk mencegah angsa pedaging kedinginan, anda bisa menambahkan kemudahan penghangat pada sangkar bebek.

11. Mengawasi ketersediaan minuman
Dalam membuka usaha ternak dan budidaya angsa pedaging pastikan ketersediaan minuman bagi bebek. Jangan hingga minuman habis dan tidak diisi lagi. Jika ada minuman tersisa lebih baik buang dan ganti yang baru. Sebab sangat mungkin minuman yang tersisa sudah terkontaminasi.

12. Menjaga kebersihan sangkar setiap hari
Untuk memastikan angsa pedaging tumbuh dengan sehat dan terbebas dari banyak sekali penyakit maka anda harus rutin membersihkan sangkar angsa dari kotoran.

13. Belajar terus
Bagi seorang pemula yang membuka usaha ternak bebek di awal permulaan tentunya akan menghadapi banyak sekali hambatan dan rintangan. Salah satunya angsa pedaging mengalami janjkematian satu persatu. Namun hal ini jangan menciptakan anda putus asa. Tetaplah sabar dan carilah solusi untuk mengatasi angsa mengalami kematian.

Analisis Usaha Ternak Bebek Pedaging
Ada banyak teknik budidaya angsa pedaging yang dipakai di masyarakat. Seperti teknik tradisional atau umbaran, sistem semi intensif dan sistem intensif modern. Dan yang paling menawarkan hasil maksimal budidaya binatang unggas ini dengan memakai teknik dan cara budidaya angsa pedaging sistem intensif modern. Diharapkan para peternak angsa mendapatkan kesejahteraan dan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Salah satu cara beternak angsa pedaging cepat besar ialah memakai teknik organik.

Untuk membuka usaha  ternak angsa pedaging dengan sukses dan menguntungkan ada beberapa syarat dan skill yang harus dipenuhi. Seperti kemampuan memelihara dan merawat angsa dengan baik dan benar serta kemampuan untuk memasarkan angsa pedaging yang telah dipanen. Tanpa adanya kemampuan menjual dan memasarkan angsa pedaging maka anda tidak akan mendapatkan untung atau laba. Dan bisnis budidaya angsa potong anda akan berjalan secara sia-sia.

Strategi Pemasaran Bebek Pedaging
Bagi orang yang telah menekuni bisnis beternak angsa pedaging semenjak usang mungkin tidak akan kesulitan dalam pemasaran angsa potong. Sebab ia sudah mengetahui dengan lengkap cara memasarkan daging angsa dari awal hingga akhir. Namun bagi seorang pemula tentu akan kesulitan untuk memasarkan angsa pedaging yang telah dipanen. Oleh alasannya ialah itu, penulis akan menjelaskan cara dan seni administrasi pemasaran angsa pedaging yang perlu diketahui oleh para pemula, antara lain:

1. Usaha yang jual bibit angsa pedaging atau DOD
Untuk memasarkan angsa pedaging yang telah dipanen, anda bisa melaksanakan banyak sekali cara. Salah satu caranya ialah memasarkan kepada para pengusaha yang menjual bibit angsa pedaging. Sebab biasanya mereka bukan hanya menjual bibit angsa pedaging. Tapi juga mendapatkan hasil panen angsa pedaging untuk dijual lagi kepada pihak pengepul besar. Usaha yang jual bibit angsa potong atau DOD umumnya mengetahui sistem distribusi dan pemasaran angsa pedaging dari awal hingga akhir.

2. Mengadakan kerjasama dengan pihak restoran, supermarket, warung makan dan warteg
Berbagai restoran, warung makan, warteg, supermarket dan rumah makan sangat gampang kita jumpai di banyak sekali sudut kota. Dalam satu wilayah anda bisa mendapatkan beberapa gerai restoran ataupun warteg. Ini merupakan salah satu tempat pemasaran atau market angsa potong yang anggun bagi perjuangan ternak angsa pedaging. Sebab kebutuhan restoran, rumah makan, warteg maupun hotel sangat besar terhadap daging angsa untuk dijadikan olahan kuliner yang enak dan enak yang pastinya disukai konsumen.

3. Pengepul
Tempat yang paling gampang untuk memasarkan hasil panen angsa pedaging dalam jumlah banyak ialah pihak pengepul. Anda bisa menemukan beberapa pengepul atau bandar angsa pedaging di kawasan anda. Seperti di desa penulis, secara rutin pihak pengepul mendatangi para peternak angsa potong yang mau menjual angsa yang telah dipanennya. Untuk mengetahuinya, pengepul angsa potong di kawasan anda maka anda bisa mencari informasi di internet, tabloid peternakan dan tabloid kuliner, selain itu, sobat bisa bertanya pribadi kepada pihak peternak angsa potong.

4. Memasarkan secara online
Anda bisa menjual angsa pedaging yang telah dipanen di toko online, forum, marketplace dan blog. Pangsa pasar yang dituju ialah konsumen pribadi yang membutuhkan daging angsa untuk dikonsumsi. Cara memasarkan angsa potong secara online melalui bukalapak, tokopedia, shopee, lazada, olx dll yang terbukti efektif dengan pangsa pasar yang sangat luas dari banyak sekali kawasan di Indonesia.

Cara Mendapatkan Modal Usaha Ternak Bebek Pedaging
Untuk membuka perjuangan ternak angsa pedaging secara tradisional maupun modern memerlukan yang namanya modal usaha. Yang mencakup modal investasi ibarat pembuatan sangkar bebek, lahan yang memadai dan jauh dari perumahan, belanja peralatan ternak angsa dll. Untuk modal biaya operasional mencakup pembelian pakan, belanja bibit angsa pedaging unggul, dan lain sebagainya.

Bagi orang yang mempunyai modal keuangan yang sangat besar maka membuka perjuangan ternak angsa pedaging sangat gampang dengan memakai modal yang ada. Namun bagi seorang pemula yang tidak mempunyai modal keuangan yang besar maka membuka perjuangan budidaya angsa potong akan sangat sulit. Keterbatasan modal menciptakan perjuangan ternak angsa pedaging sulit diwujudkan.

Salah satu cara yang paling gampang untuk mendapatkan modal perjuangan ternak angsa pedaging bagi pemula yaitu meminjam kepada orangtua. Sebab kedua orangtua baik ayah atau ibunda ialah mereka salahsatu orang utama yang menyayangi kita semenjak kecil hingga ketika ini. Mereka ingin anaknya sukses dalam kehidupannya termasuk dalam dunia bisnis. Sehingga mereka tak segan membantu anda selama mereka mampu. Anda bisa meminjam uang kepada kedua orangtua untuk modal perjuangan ternak angsa pedaging. Utarakan niat baik anda untuk memulai bisnis ternak angsa pedaging dan janjikan waktu pengembalian uang.

Selain itu, sobat bisa mendapatkan modal perjuangan budidaya angsa pedaging dengan meminjam uang kepada anggota keluarga yang mempunyai kelebihan harta, sanak kerabat, tetangga, rekan kerja, sahabat, teman, kenalan dan investor lainnya. Terapkanlah sistem kerjasama perjuangan atau patungan dengan pembagian keuntungan secara adil dan proporsional.

0 Response to "13 Cara Ternak Angsa Pedaging Untung Jutaan Buat Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel