10 Cara Ternak Kambing Etawa Untung Jutaan Buat Pemula

Kaya raya dan berhasil dalam sebuah bisnis ialah harapan banyak orang. Namun untuk mencapainya tidaklah bisa dengan cara instant dan berleha leha. Semua kesuksesan bisnis harus diperjuangkan dengan gigih, kerja keras, ulet, sabar dan pantang menyerah. Begitupula dalam menekuni perjuangan budidaya kambing etawa. Jika anda memutuskan untuk membuka perjuangan ternak kambing etawa itu merupakan pilihan tepat.

Kelebihan Beternak Kambing Etawa
Berikut ini kelebihan dan keunggulan dari perjuangan beternak kambing etawa, antara lain:

1. Pasar luas
Keunggulan usaha budidaya kambing etawa yang utama ialah mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Setiap orang niscaya membutuhkan kambing untuk konsumsi maupun piaraan. Misalkan menjelang hari raya idul adha, setiap muslim membutuhkan binatang kambing untuk dijadikan binatang kurban. Kemudian untuk menyelenggarakan akikah, setiap orang bau tanah yang mempunyai bayi laki laki maka ia harus menyembelih dua ekor kambing. Yang kemudian daging kambing dibagikan kepada sanak kerabat dan tetangga.
 Kaya raya dan berhasil dalam sebuah bisnis ialah harapan banyak orang 10 Cara Ternak Kambing Etawa Untung Jutaan Buat Pemula

2. Praktis dijual
Selain itu, kambing sangat praktis terjual. Biasanya di setiap desa ada pengepulnya. Seperti yang dialami oleh mertua penulis yang membutuhkan uang dalam jumlah nominal besar untuk biaya modal perjuangan bertanam padi di sawah. Beliau menentukan untuk menjual kambing etawa jantan dengan harga Rp 2 juta. Oleh para bandar atau peternak, kambing yang dibeli tersebut bisa dipiara dan dibesarkan kembali hingga harganya naik dari tahun ke tahun. Dari sinilah jelas, perjuangan beternak kambing etawa akan selalu menguntungkan selamanya.

3. Menguntungkan
Usaha beternak kambing etawa merupakan ternak binatang yang paling menguntungkan dalam waktu singkat. Yang diambil manfaat dari kambing bukan hanya daging tapi juga susu dan kotorannya. Susu kambing banyak dicari orang sebab terbukti bisa mengobati banyak sekali penyakit. Dan kotoran kambing sangat anggun untuk pupuk. Permintaan akan daging dan susu kambing cukup besar di Indonesia. Dan para peternak kambing lokal belum bisa memenuhi seruan pasar tersebut. Sehingga pemerintah terpaksa melaksanakan impor daging dan susu kambing.

4. Praktis dipelihara
Kelebihan lain, kambing etawa atau jamnapari yang asal usulnya berasal dari negara India ini sangat praktis dipelihara. Apalagi seiring dengan berkembangnya teknologi pemberian pakan fermentasi. Sehingga usaha beternak kambing etawa bisa tanpa ngarit dan angon. Anda bisa membuka perjuangan ternak kambing etawa secara rumahan maupun kecil kecilan dengan teknik modern.

10 Cara Ternak Kambing Etawa Untung Jutaan Buat Pemula
Bagi anda yang mau membuka perjuangan ternak kambing etawa yang menguntungkan, berikut ini penulis jelaskan 10 cara ternak kambing etawa untung jutaan buat pemula yang sangat gampang, antara lain:

1. Pemilihan bibit
Bibit kambing etawa terdiri dari dua ekor yaitu kambing etawa jantan dan betina. Kedua benih kambing tersebut sudah sampaumur dan siap kawin. Pastikan bibit kambing sangat unggul dan berkualitas bagus. Tandanya, badan dalam keadaan sehat dan tidak terkena penyakit, tidak mengalami keganjilan dll. Anda bisa membeli bibit kambing yang unggul di pasar binatang terdekat dan dari para peternak kambing etawa.

Berdasarkan analisa, kambing etawa betina sanggup beranak pinak sebanyak tiga kali dalam dua tahun. Dalam sekali melahirkan, seekor kambing etawa betina bisa hingga satu hingga empat ekor anak. Sehingga ternak kambing etawa menjanjikan sekali dan cepat berkembang biak dalam jumlah besar. Untuk di Indonesia, ternak kambing etawa banyak dijumpai di kawasan Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

2. Lokasi perjuangan mendukung
Lokasi perjuangan yang cocok bagi usaha beternak kambing etawa ialah di wilayah pedesaan yang terpencil dengan lingkungan alam yang masih alami. Sehingga anda tidak kesulitan untuk mendapat pakan alami bagi kambing berupa rerumputan. Tampak jelas, perjuangan ternak kambing etawa tidak cocok dijalankan di kota. Karena sumber pakan alami yaitu rerumputan yang sangat terbatas.

3. Pembuatan kandang
Untuk pembuatan sangkar kambing etawa diubahsuaikan dengan jumlah kambing yang hendak diternakkan. Anda bisa menciptakan sangkar kambing sendiri atau mempekerjakan tukang. Bahan untuk menciptakan sangkar yaitu kayu atau bambu.

4. Kerja keras dan serius
Usaha beternak kambing etawa bisa dilakukan secara sampingan oleh siapapun baik pengangguran, nelayan, karyawan honorer, pedagang, pengusaha, seorang karyawan swasta, PNS, dan buruh tani. Namun walaupun sebagai usaha sampingan tetap harus dikerjakan secara serius dan penuh ketelatenan agar hasil ternak kambing etawa bisa maksimal dan untung besar dalam waktu singkat.

5. Membekali dengan ilmu ternak kambing etawa
Ilmu ialah cahaya yang menerangi jalan. Sehingga bila anda menentukan membuka perjuangan ternak kambing etawa maka anda mesti mengetahui cara perawatan kambing, cara memberi makan kambing, cara menjual kambing, cara mengawinkan kambing etawa jantan dan betina, cara mengatasi penyakit pada kambing dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar perjuangan ternak kambing bisa berjalan lancar tanpa menemui hambatan berarti.

Untuk mendapat ilmu cara beternak kambing etawa yang baik dan benar serta menguntungkan, sobat bisa mencar ilmu pribadi kepada para peternak kambing etawa yang telah sukses dan berpengalaman. Selain itu, anda bisa mengikuti banyak sekali training cara beternak kambing yang diadakan oleh forum pemerintah dan swasta. Cara lain, anda bisa membaca situs, website, blog, tabloid, koran, buku dan majalah yang berkaitan dengan budidaya kambing etawa.

6. Menentukan tujuan beternak kambing etawa
Langkah ini sangat penting. Karena menentukan tahapan selanjutnya. Perlu dipahami bahwa kambing etawa bisa diambil banyak manfaat dari susu, daging hingga kotoran. Anda mesti menentukan tujuan beternak kambing etawa. Apakah untuk dijadikan binatang kontes, diambil susu, daging atau kotoran?

7. Membeli bibit kambing etawa
Setelah menentukan bibit kambing etawa jantan dan betina yang unggul selanjutnya anda membelinya. Karena anda masih pemula dalam bisnis ternak kambing etawa maka pembelian bibit kambing jangan terlalu banyak. Anda bisa membeli bibit kambing sesuai peruntukan sebanyak dua ekor. Jika sudah berhasil dan pengalaman melaksanakan ternak kambing etawa maka di tahun berikutnya bisa menambah bibit kambing etawa untuk diternakkan. Gunakan teknik modal kecil dari awal. Berjalan waktu perjuangan peternakan kambing etawa sobat akan membesar.

8. Mencari pertolongan modal perjuangan ternak kambing etawa
Usaha beternak kambing etawa memerlukan modal besar untuk pembuatan sangkar kambing. Biaya pembuatan sangkar kambing tergantung luasnya. Biasanya Rp 1,5 juta. Selain itu, perlu mengadakan pembelian bibit kambing jantan dan betina siap kawin dan biaya lainnya. Harga bibit kambing jantan Rp 3 juta. Sedangkan harga bibit kambing betina sekitar Rp 2 juta.

Modal perjuangan yang diharapkan untuk membuka usaha ternak kambing etawa dari awal hingga siap bangun sekitar Rp 8 juta. Namun ada cara yang simpel dan praktis bagi anda yang mempunyai modal terbatas. Seperti yang dilakukan penulis. Dengan modal Rp 500 ribu seseorang sudah bisa sanggup memulai perjuangan ternak kambing. Uang sebesar Rp 500.000 dibelikan kambing betina yang masih kecil. Kemudian dipelihara hingga satu tahun kemudian siap kawin. Untuk kambing etawa jantan anda bisa meminjam kambing jantan milik peternak kambing lain. Setelah dibuahi oleh kambing jantan maka kambing betina akan mengandung hingga melahirkan anak kambing.

Bagi anda yang mempunyai modal terbatas niscaya kesulitan memenuhi modal tersebut. Tapi hening anda bisa mendapat modal perjuangan ternak kambing etawa melalui banyak sekali cara, antara lain:

a. Pinjaman lunak
Anda bisa meminjam uang kepada orangtua, anggota keluarga, saudara kandung, sanak kerabat, teman, sahabat, relasi dll. Utarakan niat anda untuk membuka perjuangan budidaya kambing etawa dan membutuhkan modal. Untuk memperlihatkan klarifikasi secara lengkap, anda bisa memperlihatkan anjuran perjuangan ternak kambing etawa yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

b. Hibah Pemerintah
Untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak kambing etawa, Pemerintah melalui kementerian pertanian dan peternakan secara terpola mengadakan pemberian bantuan modal perjuangan gratis. Berupa pemberian dana hibah bibit kambing etawa unggul dan perlengkapan usaha. Biasanya dana hibah diberikan pada kelompok perjuangan ternak kambing etawa di satu daerah.

c. Pinjaman bank
Untuk mendapat modal perjuangan ternak kambing etawa, sobat bisa meminjam uang ke bank syariah. Seperti berdikari syariah, BRI syariah, Bank Mega Syariah dll. Pinjaman tanpa riba yang merupakan proses kerjasama antara nasabah investor, bank sebagai pengelola modal dan sobat sebagai kawan usaha. Pembagian laba menurut bagi hasil yang besarannya sesuai kesepakatan bersama.

d. Cari investor
Sebenarnya ada cara paling praktis untuk mendapat modal perjuangan beternak kambing etawa secara gratis. Caranya anda mencari investor atau pemilik modal yang ingin investasi dalam bidang peternakan kambing. Pemodal tersebut kemudian menyerahkan kambingnya untuk diurus oleh kita. Ketika melahirkan dua ekor anak kambing maka anda memperoleh satu anak kambing. Dan investor mempunyai satu anak kambing sebagai tambahan. Nah dari satu anak kambing itu bisa beranak pinak.

9. Kombinasi perjuangan dengan bisnis kuliner dari olahan daging kambing
Berikut ini jenis kuliner olahan dari materi dasar daging kambing, antara lain:

a. Sate kambing
Daging kambing bisa dijadikan sajian sate. Sate kambing banyak disukai orang disamping sate ayam. Karena rasanya gurih dan yummy serta daging kambing tidak terlalu bau.

b. Gulai kambing
Gulai kambing sering dijadikan sajian kuliner pada program akikah. Untuk menciptakan gulai kambing sangat mudah. Anda bisa mencari resep gulai kambing yang yummy dan nikmat di mbah google.

c. Soto kambing
Menu kuliner favorit yang terkenal lainnya dari olahan daging kambing ialah soto kambing. Kuliner ini banyak disukai orang dari anak anak hingga orang dewasa. Rasanya yang maknyos menciptakan para penikmatnya ketagihan dan tak kalah yummy dengan jenis soto lain. Seperti soto bongko, soto ayam madura, dan lain sebagainya.

10. Pantang menyerah
Pastinya selama anda membuka perjuangan ternak kambing etawa mengalami yang namanya hambatan dan hambatan serta kegagalan. Seperti kambing etawa mati atau terjangkit penyakit, kesulitan materi pakan alami dll. Namun hal itu jangan menciptakan anda putus asa. Milikilah jiwa pantang mengalah sebagai salah satu syarat sukses perjuangan ternak kambing etawa untung jutaan buat pemula.

0 Response to "10 Cara Ternak Kambing Etawa Untung Jutaan Buat Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel