Rincian Biaya Modal Perjuangan Tambal Ban Dari Awal Sampai Buka

Usaha tambal ban sudah tidak absurd lagi bagi kita yang sering berkendara di jalan raya. Pastinya gampang sekali kita jumpai di aneka macam pinggir jalan. Kebanyakan orang menganggap sepele terhadap jenis bisnis ini. Padahal kalau diteliti lebih dalam usaha tambal ban bisa memperlihatkan keuntungan sangat besar perhari. Ada banyak pengusaha tambal ban yang sukses dengan omset miliaran rupiah. Atas kenyataan ini, peluang bisnis membuka perjuangan tambal ban di pinggir jalan sangat menjanjikan.

Rincian Biaya Modal Usaha Tambal Ban dari Awal sampai Buka
Untuk memulai sebuah perjuangan diharapkan yang namanya modal. Begitupula dalam membuka perjuangan tambal ban. Berikut ini rincian biaya modal perjuangan tambal ban dari awal sampai buka, antara lain:
 Usaha tambal ban sudah tidak absurd lagi bagi kita yang sering berkendara di jalan raya Rincian Biaya Modal Usaha Tambal Ban dari Awal sampai Buka

Biaya Investasi:
1. Mesin kompresor 1 unit Rp 3 juta
2. Alat tambal ban 1 unit Rp 400 ribu
3. Alat press ban 1 unit Rp 1 juta
4. Kompor 1 buah Rp 200 ribu
5. Kunci-kunci harga Rp 400 ribu
6. Sendok ban kendaraan beroda empat Rp 300 ribu
7. Sendok ban sepeda motor Rp 100 ribu
8. Ban karet Rp 100 ribu
Total biaya investasi yang harus dikeluarkan Rp 5.500.000,-

Biaya Operasional:
1. Sewa lokasi Rp 500 ribu perbulan
2. Perlengkapan perjuangan mencakup minyak tanah, karet tambal, lem dan lain-lain Rp 600 ribu
3. Gaji pegawai Rp 800 ribu
4. Biaya listrik, telepon, kebersihan, keamanan dan air Rp 600 ribu
5. Biaya tak terduga Rp 400 ribu
Total biaya operasional sebesar Rp 2.900.000,-

Estimasi asumsi biaya modal perjuangan tambal ban dari awal sampai buka sebesar Rp 8.400.000,-

Omset Usaha Tambal Ban
Apabila dalam satu hari, sobat bisa menambal ban sebanyak 10 ban sepeda motor dan 8 ban kendaraan beroda empat maka keuntungan yang bisa didapatkan sebesar Rp 130 ribu perhari. Dengan asumsi harga tambal ban sepeda motor Rp 5000. Harga tambal ban kendaraan beroda empat Rp 10 ribu. Dikalikan sebulan atau 30 hari maka omset kotor perjuangan tambal ban di pinggir jalan sebesar Rp 3.900.000 per bulan (Rp 130.000 x 30 hari). Keuntungan higienis perjuangan tambal ban sama dengan omset kotor dikurangi biaya operasional. Maka Rp 3.900.000 – Rp 2.900.000 = Rp 1 juta. Balik modal ditempuh kurang dari waktu lima bulan.

Prospek Usaha Tambal Ban
Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia baik sepeda motor maupun kendaraan beroda empat menciptakan bisnis perjuangan tambal ban di pinggir jalan sangat menjanjikan. Hampir setiap hari, anda menemukan sepeda motor atau mobil yang mengalami kempes atau ban mengalami kebocoran. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor antara lain : adanya paku atau benda tajam yang menancap pada ban, sudah menipisnya ban luar sehingga gesekkannya merusak ban dalam dll.

Jika anda mengkombinasikan perjuangan tambal ban dengan jenis perjuangan yang masih terkait. Seperti perjuangan tambah angin atau pompa ban, bisnis basuh motor dan basuh mobil, perjuangan montir atau bengkel sepeda motor dan mobil, perjuangan pom mini pertamini, dan lain sebagainya. Tentu keuntungan bertambah besar. Bukan hanya dari keuntungan perjuangan tambal ban tapi dari jenis perjuangan lainnya. Anda sanggup dengan gampang menemukan gerai perjuangan tambal ban yang laku manis.

Pangsa Pasar Jasa Tambal Ban
Adapun konsumen dari perjuangan tambal ban banyak sekali. Dimulai dari pengguna kendaraan bermotor berupa mobil. Pengguna sepeda motor, sepeda, truk, dan kendaraan beroda empat besar lainnya. Selain itu, para pedagang keliling yang memakai gerobak sangat membutuhkan bisnis jasa ini jikalau bannya bocor. Berdasarkan analisa penulis, hampir setiap hari ada saja sepeda motor atau kendaraan beroda empat yang mengalami ban bocor. Bannya harus ditambal. 

Kunci Sukses Usaha Tambal Ban
Bagi anda yang mau memulai bisnis tambal ban, berikut ini kunci sukses perjuangan tambal ban bagi pemula, antara lain:

1. Lokasi strategis
Untuk membuka perjuangan tambal ban tidak membutuhkan lahan atau lokasi yang luas. Dengan lahan sempit ukuran 2 meter x 2 meter sudah cukup memadai sebagai lokasi perjuangan tambal ban. Lokasi perjuangan bisa di teras rumah maupun pinggir jalan raya yang ramai. Untuk sukses, pilihlah lokasi yang gampang dijangkau dan dilihat banyak orang. Seperti di pinggir jalan raya yang ramai oleh kemudian lintas kendaraan bermotor. Pastikan lokasi perjuangan tambal ban selalu dalam kondisi higienis dan rapi.

2. Mempersiapkan alat tambal ban motor dan mobil
Adapun alat-alat untuk tambal ban mencakup alat pres ban, kompresor, karet ban dalam, lem aibon yang menempel kuat, baskom dan lain sebagainya. Hal itu harus dipersiapkan sebelumnya dalam rangka membuka perjuangan tambal ban di pinggir jalan. Anda bisa membeli alat-alat tambal ban di toko alat bengkel.

3. Menentukan tarif harga
Dalam menentukan tarif jasa tambal ban hendaklah melihat harga pasaran. Kemudian anda mematok harga lebih rendah dari harga pasaran. Misalkan harga jasa tambal ban sepeda motor ketika ini sebesar Rp 8000. Sedangkan harga jasa tambal ban kendaraan beroda empat sebesar Rp 15.000. Anda bisa mematok harga tambal ban sepeda motor sekitar Rp 7000. Dan harga jasa tambal ban kendaraan beroda empat sebesar Rp 14 ribu.

4. Pelayanan yang memuaskan konsumen
Penulis seringkali menemukan beberapa gerai perjuangan tambal ban yang mematok tarif jasa tambal ban lebih mahal dari harga pasaran. Misalkan Rp 15 ribu untuk jasa tambal ban sepeda motor. Sedangkan di pasaran paling mahal Rp 10 ribu. Jelas permainan harga yang mahal menciptakan konsumen kecewa terhadap pelayanan yang diberikan. Oleh alasannya itu, tidak heran jikalau mereka menentukan gerai perjuangan tambal ban yang lain yang memperlihatkan harga jasa lebih murah.

Dalam membongkar dan memasang ban beberapa kali seorang tukang tambal ban berusaha merusak ban dalam agar konsumen membeli ban dalam. Karena lebih menguntungkan mengganti ban gres ketimbang tambal ban. Ini juga akan mengecewakan konsumen lantaran harus mengeluarkan biaya lebih besar ketimbang tambal ban. Kaprikornus salah satu kiat sukses perjuangan tambal ban yakni sebisa mungkin menambal ban. Kalau ban harus diganti maka utarakan pada konsumen dengan baik dan sopan.

Salah satu bentuk pelayanan yang memuaskan konsumen lainnya yakni ramah terhadap konsumen, murah senyum, bersahabat, supel, gemar menolong dan lain sebagainya. Karena perjuangan tambal ban bergerak dalam sektor jasa maka anda harus memperhatikan benar-benar kualitas pelayanan yang diberikan. Pastikan anda menambal ban secara baik dan benar. Sehingga tidak ada komplain dari konsumen.

Seiring dengan bertambahnya modal usaha maka sobat bisa melengkapinya dengan perjuangan tambal ban otomatis dan perjuangan tambal ban nitrogen. Sehingga konsumen memiliki bermacam-macam pilihan sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini merupakan salah satu kunci sukses perjuangan tambal ban di pinggir jalan dan halaman rumah.

Kelebihan Usaha Tambal Ban
Jika anda sedang mencari peluang perjuangan yang gampang dan menjanjikan maka membuka perjuangan tambal ban di pinggir jalan bisa menjadi pilihan yang pas. Karena ada banyak kelebihan dalam membuka perjuangan tambal ban. Misalkan perjuangan tambal ban terbukti merupakan jenis bisnis yang gampang dikerjakan dan anti rugi dan krisis. Anda bisa menguasai cara tambal ban yang baik dan benar dengan cara mencar ilmu eksklusif kepada tukang tambal ban yang jago dalam satu hari saja.

Selain itu, perjuangan tambal ban tidak menghabiskan waktu usang dan memerlukan modal kecil sekali. Usaha ini cocok dikerjakan oleh orang yang memiliki modal minim. Modal utama yakni kompresor dan alat tambal ban. Yang lainnnya sebagai pendukung. Untuk lokasi perjuangan bisa dijalankan di halaman rumah maupun pinggir jalan dengan lahan sempit sekalipun tetap bisa. Jika anda tak ingin repot membuka perjuangan tambal ban secara sanggup bangun diatas kaki sendiri dan prosedurnya maka cara paling gampang yakni sobat membuka waralaba tambal ban.

Kelemahan Usaha Jasa Tambal Ban
Yang menjadi kelemahan perjuangan tambal ban yakni adanya tingkat persaingan yang cukup tinggi. Anda sanggup dengan gampang menjumpai gerai perjuangan tambal ban di pinggir jalan. Mungkin di satu wilayah ada tiga perjuangan tambal ban. Seperti di desa penulis. Oleh karenanya, mengingat bisnis jasa ini memiliki persaingan perjuangan yang tinggi sekali maka anda hendaknya membuka perjuangan tambal ban di lokasi yang masih jarang kompetitor untuk mendapat konsumen lebih banyak. Misalkan sobat membuka perjuangan tambal ban di dekat kampus, sentra perkantoran, sekolah dan lain-lain.

Pemasaran Usaha Tambal Ban
Untuk teknik pemasaran perjuangan tambal ban biasanya dilakukan dengan aneka macam cara. Anda bisa menciptakan plang dari ban bekas dengan goresan pena tambal ban. Kemudian anda bisa memajang kompresor di pinggir jalan sehingga terlihat dengan gampang oleh banyak orang, membagikan brosur, memasang reklame, spanduk dan lain sebagainya yang memperlihatkan adanya perjuangan tambal ban yang anda lakoni.

Cara pemasaran perjuangan tambal ban yang lain terbukti efektif yakni berpromosi melalui media sosial, facebook, marketplace, twitter, lembaga dan lain sebagainya mengenai kehadiran perjuangan jasa tambal ban anda di kawasan tersebut. Diharapkan pangsa pasar yang dibidik di dalam wilayah area tertentu mengetahui keberadaan bisnis anda. Selain itu, tawarkanlah jasa tambal ban secara keliling.

0 Response to "Rincian Biaya Modal Perjuangan Tambal Ban Dari Awal Sampai Buka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel