Daftar Harga Bibit Lele Terkini Siap Ternak

Anda niscaya sudah mengenal ikan lele. Ikan berkumis ini merupakan jenis ternak ikan yang sedang demam isu dan populer. Anda sanggup dengan gampang menjumpai banyak sekali usaha peternakan ikan lele di desa. Ikan air tawar ini mempunyai penggemar yang banyak di Indonesia. Sehingga termasuk jenis usaha ternak ikan yang menguntungkan dalam waktu singkat. Permintaan ikan lele di masyarakat sangat tinggi. Penulis yang membuka usaha ternak lele semenjak usang selalu ada saja yang meminta pasokan ikan lele konsumsi maupun bibit lele untuk dibesarkan.

Ciri-Ciri Fisik Ikan Lele
Ikan lele mempunyai badan pipih memanjang, tak bersisik dan agak licin. Dengan kumis panjang yang menjadi ciri khasnya. Hewan ini bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan secara cepat dan mempunyai daya tahan yang cukup tinggi terhadap serangan penyakit.

Ikan yang menyerupai ikan sidat ukuran kecil ini mempunyai kepala yang keras, ekspresi lebar dan mata yang kecil. Usaha beternak ikan lele bukan hanya bisa dilakukan di pedesaan dengan lahan yang masih luas. Tapi juga bisa budidaya ikan lele di perkotaan dengan lahan sempit.
 Ikan berkumis ini merupakan jenis ternak ikan yang sedang demam isu dan terkenal Daftar Harga Bibit Lele Terkini Siap Ternak

Pangsa pasar usaha beternak ikan lele sangat besar. Bukan hanya kalangan perorangan yang menjadi sasaran pasar tapi juga kalangan para pedagang kaki lima usaha pecel lele, restoran, rumah makan, warung nasi, warteg dan lain sebagainya. Ikan lele disukai para penikmat masakan alasannya dagingnya lunak, murah dan tidak mempunyai duri. Ikan lele bisa diolah dengan cara digoreng maupun pepes.

Ikan lele bisa tumbuh dan berkembang biak di air yang kotor sekalipun. Sehingga menjadi ikan favorit yang dibudidayakan para peternak ikan. Lele dipercaya mengandung manfaat dan khasiat bagi kesehatan badan manusia. Seperti mempunyai kandungan omega yang rendah dan vitamin D yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan badan manusia.

Daftar Harga Bibit Lele Terkini Siap Ternak
Permintaan akan ikan lele cukup besar. Baik itu lele sangkuriang, phyton, dumbo hingga lele lokal. Dan belum bisa dipenuhi secara baik oleh peternak lele lokal. Hal ini menyebabkan seringkali terjadi kenaikan harga ikan lele perkilogram alasannya sangat langka binatang ini. Harga perkilogram ikan lele di pasaran sebesar Rp 36 ribu.

Peluang usaha budidaya ikan lele bagi pemula untuk pembenihan maupun konsumsi sangat menjanjikan untung tinggi. Selain itu, masa panen ikan lele cukup singkat dan pengelolaan usaha ternak lele sangat mudah. Di salah satu stasiun televisi swasta jadwal aktivitas cerita para pengusaha sukses, seorang peternak lele bisa menghasilkan laba higienis sekitar Rp 10 juta perbulan.

Bagi anda yang berminat untuk membuka usaha budidaya ikan lele baik usaha pembenihan ikan lele maupun pembesaran ikan lele harus mengetahui harga lele ketika ini. Untuk harga benih lele ukuran 2 centimeter harga Rp 300. Untuk bibit lele ukuran 3 cm sebesar Rp 400. Harga benih lele ukuran 4 cm sebesar Rp 500. Kalau ikan lele konsumsi siap makan harga Rp 36 ribu perkg dengan isi 10 ekor. Sehingga harga ikan lele siap makan sekitar Rp 3.600 per ekor.

Cara Ternak Lele Organik yang Baik dan Benar
Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan teknik budidaya lele terbaru menciptakan banyak sekali cara beternak lele ditemukan. Dari mulai sistem konvensional hingga modern. Salah satu cara ternak lele yang menguntungkan ialah sistem ternak lele organik.

Mengapa penulis mengajak para pembaca untuk menentukan budidaya lele organik? Karena rasa daging lele organik lebih enak, gurih dan enak dari jenis lele biasa. Selain itu, undangan lele organik di pasaran cukup tinggi dan belum bisa dipenuhi oleh para petani lokal. Hal ini tak terlepas dari penggemar ikan lele di tanah air sangat besar dari mulai anak anak hingga orang dewasa. Kelebihan ternak lele organik ialah lebih menghemat biaya pakan dan mengurangi resiko janjkematian lele.

Hal yang membedakan sistem ternak lele organik dengan sistem ternak lele biasa terletak pada pakan yang diberikan. Pakan lele organik dibentuk oleh mikroorganisme atau kompos yang mengubah amoniak dan kotoran di kolam menjadi pakan alami bagi ikan lele. Cara ternak lele organik biasanya di kolam tertutup.

Inilah tahapan cara beternak lele organik yang baik dan benar dari awal hingga akhir, antara lain:

1. Siapkan kolam bagi ikan lele. Sangat dianjurkan kolam terbuat dari terpal berukuran 4 meter x 5 meter dengan tinggi 100 centimeter. Cara beternak lele memakai kolam terpal plastik dinilai paling mudah, simpel dan murah.

Sebenarnya ukuran kolam terpal bagi ikan lele tergantung kebutuhan. Misalnya bibit lele yang hendak disebar berjumlah banyak maka anda harus menciptakan kolam terpal dengan ukuran lebih besar. Begitupula kalau lahan yang tersedia sempit maka ukuran kolam terpal plastik diadaptasi dengan luas lahan yang tersedia.

2. Penyebaran pupuk sangkar atau Kompos. Selanjutnya pupuk kompos atau pupuk sangkar disebarkan dalam kolam beserta basil probiotik penumbuh pakan lele alami. Kemudian menutup kolam terpal memakai plastik. Tunggu hingga dua ahad hingga proses fermentasi berhasil.

3. Pemilihan benih. Salah satu hal yang menentukan kesuksesan usaha beternak ikan lele organik lainnya ialah pemilihan bibit lele. Aspek ini menentukan 50 persen keberhasilan ternak lele. Pastikan bibit lele berkualitas baik dan unggul menyerupai benih lele sangkuriang. Karena jenis lele sangkuriang gampang dikembangbiakan, cepat besar dan bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan oleh seorang pemula sekalipun.

Untuk memasukkan benih lele secara bersamaan pada kolam pastikan ukuran lele sama atau seragam. Untuk mencegah ikan lele saling memangsa dan masing masing lele makan sesuai porsi yang sama. Terakhir untuk budidaya lele organik pastikan diberi pakan organik secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari.

Rahasia Sukses Ternak Lele
Setiap jenis usaha niscaya memerlukan kiat sukses dalam menjalaninya. Itu pula yang berlaku dalam bisnis ternak lele. Saat ini sudah banyak para peternak lele yang berhasil dan kaya. Kesuksesan yang mereka raih tidak semudah dibayangkan. Mereka merintis dari awal proses perjuangannya. Berbagai hambatan dan hambatan mereka temui dalam menjalankan usaha ternak lele. Namun mereka tidak mengalah hingga menemukan keberhasilan yang mereka cita citakan.

Diantara banyak jenis usaha ternak ikan menyerupai budidaya ikan hias cupang, guppy, louhan, ternak ikan mas, gurame, nila merah, koi, dll maka usaha ternak ikan lele merupakan jenis bisnis peternakan ikan yang sangat menjanjikan. Telah banyak peternak lele yang kaya raya dan sukses berkat budidaya lele.

Jika anda mengalami kegagalan dalam usaha budidaya lele organik pada awal usaha maka jangan dianggap itu sebuah kegagalan. Tapi belum berhasil saja. Para peternak lele yang sukses dan kaya raya dengan omset hingga puluhan juta rupiah perbulan diawali dengan beberapa usaha ternak lele gagal. Tapi mereka tidak mengalah hingga mencapai yang namanya kesuksesan. Pesan pentingnya jangan pernah mengalah dalam menekuni bisnis ternak lele organik.

Pendek kata, diam-diam sukses ternak lele yaitu menguasai aspek teknik mencakup pemilihan bibit yang unggul, administrasi pengelolaan air kolam, pinjaman pakan yang benar dll. Untuk aspek mental mencakup peternak harus giat dan pantang menyerah.

Modal Usaha Ternak Lele Kolam Terpal dan Keuntungannya
Berikut ini rincian modal usaha beternak lele organik, antara lain:

1. Pembelian kompos atau pupuk sangkar sebagai pemicu pakan alami lele di dalam air
2. Belanja bibit lele
3. Pembuatan kolam terpal bagi lele

Adapun pembuatan pupuk sangkar atau kompos cukup mudah. Apalagi anda sudah terbiasa tinggal di desa. Pupuk kompos dibentuk berasal dari sampah atau sisa makanan. Sedangkan pupuk sangkar dibentuk dari kotoran hewan. Seperti kotoran sapi, domba dan kerbau.

Cara menciptakan pakan lele organik dimulai dari penyebaran pupuk kompos pada kolam dan ditambahkan dengan basil penumbuh misal basil probiotik. Untuk mendapat basil penumbuh pakan lele atau probiotik maka anda sanggup membelinya di toko pakan ikan di sekitar anda.

Adapun yang menjadi laba dari budidaya lele organik, antara lain:

1. Pangsa pasar yang besar. Mulai dari anak anak hingga orang remaja menyukai kuliner lele. Baik dipepes atau digoreng. Karena lele mempunyai rasa daging yang gurih, enak dan lezat. Selain itu daging lele mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan badan manusia

2. Lele bisa bertahan hidup dalam banyak sekali ekosistem. Bahkan dalam air kotor pun lele bisa bertahan hidup

3. Biaya modal usaha yang sangat ringan. Dikarenakan anda bisa menciptakan kolam terpal dari plastik bagi peternakan lele. Dengan kolam terpal maka di lahan sempit dan terbatas pun usaha budidaya lele bisa dijalankan. Seperti di halaman rumah.

Usaha beternak lele di kolam terpal bisa dilakukan di kota maupun desa. Jika anda sedang mencari peluang usaha gres dalam bidang ternak ikan yang menjanjikan untung besar maka usaha budidaya lele di kolam terpal secara rumahan bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Dengan ternak lele di halaman rumah memakai terpal plastik maka ikan lele kondusif dari serangan predator, ular, biawak, dll. Hal ini sebaliknya terjadi kalau anda beternak lele di kolam tanah liat, kolam beton dan kolam tembok yang jauh dari rumah. Di mana pengontrolan sangat lemah. Ikan lele seringkali dimakan binatang predator menyerupai biawak dan kerapkali meloncat keluar dari kolam.

0 Response to "Daftar Harga Bibit Lele Terkini Siap Ternak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel