Cara Menciptakan Sangkar Lebah Madu Yang Mengundang Lebah Datang

Anda tentu mengenal dengan serangga lebah? Hewan bersayap ini merupakan tipe binatang yang suka berkelompok dan pekerja keras. Lebah banyak dibudidayakan di Indonesia baik di kota maupun desa. Ada banyak manfaat dari budidaya lebah. Dan yang paling utama yakni madu. Harga madu dikala ini yang cukup tinggi menciptakan perjuangan budidaya lebah madu sangat menggiurkan  Apalagi undangan terhadap madu meningkat pesat setiap tahunnya. Inilah yang menciptakan sebagian orang menentukan untuk membuka bisnis beternak lebah madu liar atau lokal secara rumahan. Apalagi dikala ini sedang booming sengatan lebah madu dipergunakan untuk pengobatan alternatif.

Cara Ternak Lebah Madu Bagi Pemula
Salah satu hal yang paling menunjang kesuksesan perjuangan budidaya lebah madu liar, Apis Cerana ataupun lokal yakni ketersediaan stup atau kandang ternak lebah madu. Anda bisa membeli sangkar kotak lebah madu di para peternak lebah terdekat secara offline maupun online. Namun harganya cukup mahal. Apabila anda pemula yang mempunyai modal terbatas dan ingin berdikari maka anda bisa menciptakan sangkar lebah dengan sangat gampang dengan biaya murah menggunakan barang dan perkakas di sekitar.

Namun untuk mendapat madu melimpah dengan kualitas terbaik tidaklah mudah. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. Selain itu, diharapkan persiapan dan alat pendukung yang memadai. Salah satunya penyediaan sangkar ternak lebah madu yang baik dan benar. Untuk menciptakan sangkar lebah atau stup cukup mudah. Sobat bisa menciptakan sangkar lebah dari kayu, bambu atau jenis lainnya dengan ketebalan tinggi. Supaya suhu dalam sangkar stabil dan terjaga dengan baik.
 Anda tentu mengenal dengan serangga lebah Cara Membuat Kandang Lebah Madu yang Mengundang Lebah Datang

Pada malam hari, suhu di luar sangkar sangat ekstrim dan terkadang ditambah dengan angin malam yang kencang. Hal ini tentu saja bisa menciptakan lebah pekerja terganggu produktifitasnya. Oleh karenanya, diharapkan sangkar ternak lebah madu yang baik dan benar serta ideal dari materi yang kokoh yaitu dari materi kayu yang tebal. Sebab stup dari materi ini bisa melindungi dari suhu ekstrim dan menjaga kestabilan suhu di dalam kandang.

Untuk materi dasar sangkar lebah madu yang paling baik yakni kayu sengon, kayu jati maupun kayu kalimantan.Papan kayu sangkar lebah mempunyai ketebalan 2 centimeter. Pada potongan bawah sangkar diberikan ganjal berukuran sekitar 54 centimeter x41 centimeter. Pada papan stup dibuatkan lubang untuk sirkulasi udara atau jendela. Lalu dilapisi kawat kasa.

Cara Membuat Kandang Lebah Madu yang Mengundang Lebah Datang
Bagi seorang pemula niscaya kebingungan bagaimanakah cara menciptakan sangkar ternak lebah madu yang baik dan benar? Berikut ini cara menciptakan sangkar lebah madu yang mengundang lebah tiba dan hemat biaya, antara lain:

1. Persiapan alat dan bahan
Bahan yang harus dipersiapkan yaitu papan kayu, seng untuk potongan atap, paku, dan bambu. Untuk alat yang mesti disediakan yakni palu dan gergaji.

2. Ukuran kandang
Untuk ukuran sangkar ternak lebah madu sekitar 30 cm x 30 cm x 20 cm. Ketebalan papan sekitar 2 cm.

3. Pada potongan depan stup kotak atau kandang lebah diberikan lubang sebagai jalan kemudian lalang lebah atau jalan keluar masuk lebah madu. Ukuran lubang bisa dibentuk sekitar 0,5 cm x 5 cm.

4. Pengaturan potongan dalam kandang
Bagian dalam sangkar lebah perlu dilengkapi frame atau bingkai dengan ketebalan 1 cm sebagai tempat sarang lebah madu.Bingkai bisa dibentuk dari bambu dengan ketinggian 15 cm dan panjang 26 cm. Untuk penopangnya yakni kayu.

5. Membuat epilog kotak lebah
Kotak sarang lebah perlu ditutupi dengan papan yang terbuat dari kayu atau seng. Penutup ini berfungsi sebagai atap sangkar lebah.

6. Beternak lebah madu trigona mempunyai sejumlah keunggulan ketimbang beternak lebah madu lokal dan apis. Sebab ternak lebah madu trigona sangat mudah. Di satu tempat saja sudah bisa memadai memulai perjuangan budidaya lebah trigona. Hal tersebut disebabkan ukuran tubuh lebah trigona cukup kecil sekitar 3 mm hingga 8 mm. Sehingga banyak sekali macam bunga yang mempunyai ukuran besar hingga kecil bisa menjadi makanan bagi lebah trigona. Lebah madu ini akan terbang dan hinggap di bunga. Kemudian memasuki kelopak untuk menghisap madu dan polen.

7. Untuk menciptakan stup atau sangkar lebah bisa dilakukan dengan banyak sekali cara. Misalkan membikin sangkar lebah menggunakan gelodok atau batang pohon randu, kelapa dan pucung dan lain-lain yang kayunya lunak. Gelodok dibagi dua. Pada potongan isinya diambil sebagai tempat sangkar lebah. Pada kedua ujung gelodok tutuplah menggunakan batok kelapa yang tengahnya dilubangi. Kemudian gantungkan gelodok pada dahan pohon yang banyak dilintasi koloni lebah.

Bagaimana gampang bukan cara menciptakan kotak lebah madu atau sangkar lebah madu? Untuk mengetahui lebih lengkap bagaimana cara menciptakan kandang lebah madu yang baik dan benar maka anda bisa mencari dan melihat teladan sangkar lebah madu yang baik dan benar serta ideal di internet maupun mbah google. Kemudian menjiplak dan memodifikasinya sehingga menjadi sangkar lebah yang nyaman dan mengundang lebah lain.

Cara Mendapatkan Ratu Lebah
Salah satu cara sukses untuk membudidayakan lebah madu yakni mempunyai kemampuan dalam mencari dan mendapat ratu lebah. Sebab potongan dari koloni lebah yang memegang peranan sangat penting yakni ratu lebah. Ia sebagai pemimpin dari koloni lebah madu. Adanya ratu lebah dalam stup atau sangkar merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam usaha ternak lebah madu. Sehingga ratu lebah harus dijaga dengan baik. Berbagai cara biar ratu lebah tidak kabur harus dilakukan.Jangan hingga sang ratu lebah mati atau terinjak maupun kabur. Sebab jikalau ratu lebah meninggalkan sangkar akan diikuti oleh lebah lainnya.

Mengingat pentingnya tugas ratu lebah dalam satu koloni maka anda harus mengetahui bagaimana cara memanggil ratu lebah, cara menciptakan ratu lebah, cara memikat ratu lebah madu dan cara mendapat ratu lebah dan menangkapnya. Berikut ini cara mendapat dan menangkap ratu lebah yang paling mudah, yaitu persiapan alat untuk memancing ratu lebah. Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk memancing ratu lebah meliputi:

1. Kurungan ratu lebah. Anda bisa membuatnya sendiri dengan gampang berukuran 5 centimeter x 3 centimeter.

2. Kotak buru. Bentuknya kotak dengan tiga frame atau sisiran di dalamnya.

3. Jala atau kain kasa dengan ukuran lubang sangat kecil yang bisa menjaring lebah-lebah.

Cara Menangkap Ratu Lebah
Setelah semua tersedia lengkap, berikutnya yakni mulai memancing ratu lebah. Dengan cara mencari koloni lebah. Untuk mencari koloni lebah sangat gampang terutama di wilayah pedesaan terpencil yang mempunyai banyak rerimbunan pohon yang tentu saja digemari lebah-lebah untuk bersarang. Area ini sangat potensial untuk mendapat koloni lebah beserta ratu dalam jumlah banyak. Jika anda kesulitan untuk mendapat ratu lebah beserta koloninya maka anda bisa bertanya pribadi kepada masyarakat sekitar dimana keberadaan koloni lebah madu. Sehingga memudahkan anda untuk mendapat ratu lebah madu dengan singkat.

Selepas mendapat sarang lebah madu, berikutnya kita melaksanakan proses penangkapan ratu lebah. Dengan cara memanjat pohon tempat lebah bersarang. Atau teman bisa pula menggunakan tangga untuk menjangkau sarang lebah madu. Lalu menangkap ratu lebah di dalam sarang tersebut menggunakan alat perangkap ratu lebah maupun penjepit khusus atau jari tangan sesuai yang teman inginkan.

Di dalam sarang lebah, anda akan menemukan banyak lebah. Bagi seorang pemula niscaya kebingungan yang mana ratu lebah sebagai pemimpin koloni lebah. Sebenarnya cara membedakan para lebah pekerja dan ratu lebah sangat mudah. Ratu lebah dilihat dari bentuk dan warnanya berbeda dengan kebanyakan lebah. Untuk lebih lengkap, anda bisa melihat gambar ratu lebah madu di internet atau mbah google potongan image dengan kata kunci ratu lebah.

Pada waktu mendapat ratu lebah maka anda akan bersentuhan pribadi dengan sarang lebah. Pastinya ketika menyentuh sarang, para lebah akan panik kemudian berhamburan terbang. Lalu mengurumuni anda. Dengan kostum yang teman pakai yakni topi, sepatu dan pakaian khusus bisa melindungi dari sengatan koloni lebah. Tetaplah fokus untuk menangkap ratu lebah madu hingga berhasil.

Sesudah ratu lebah madu tertangkap dengan baik, selanjutnya memasukkannya ke dalam kotak kecil atau kurungan ratu lebah yang sudah teman sediakan sebelumnya. Dengan berhasil menangkap ratu lebah maka dengan sendirinya koloni lebah akan mengikuti keberadaan ratu lebah madu. Hal ini tak terlepas dari ketentuan alam bahwa ratu lebah betina selalu menarik lebah-lebah jantan untuk mengikutinya.

Cara Menangkap Koloni Lebah Madu Liar
Setelah menangkap ratu lebah, teman selanjutnya sanggup menangkap lebah lainnya untuk berjaga-jaga lebah kabur. Walau hal itu sangat kecil kemungkinan. Berikutnya masukkan lebah-lebah pekerja itu ke dalam kain kasa. Kemudian letakkan ratu lebah di ujung kain kasa. Hal ini dilakukan untuk menarik koloni lebah lainnya. Itulah awal teknik cara memindahkan lebah madu liar ke kotak.

Jika para lebah sudah masuk dalam kain kasa selanjutnya kain kasa ditutup rapat. Lalu dibawa untuk diternakkan. Koloni lebah yang tersisa dalam jumlah banyak pastinya akan mengikuti ratu lebah dan para lebah pekerja di dalamnya.Setiba di tempat peternakan sangkar lebah, simpanlah ratu lebah di kawasan yang sejuk dan aman. Kemudian simpanlah ratu lebah ke dalam sangkar lebah dengan hati-hati.

Usaha budidaya lebah madu memang mempunyai resiko dan hambatan tersendiri terutama bagi pemula. Seperti ketika hendak menangkap ratu lebah tanpa membawa kurungan ratu lebah. Maka hal itu akan sia-sia. Pastikan anda membawa kurungan ratu lebah sebelum menangkap ratu lebah.

Selain itu, resiko lainnya perjuangan budidaya lebah madu dan menangkap ratu lebah yakni munculnya perasaan takut disengat lebah. Hal ini bisa menjadi pemicu kegagalan usaha budidaya lebah madu terutama bagi pemula. Oleh alasannya itu, untuk mencegah sengatan lebah, teman bisa menggunakan pakaian yang sangat tebal ibarat celana jins. Kemudian melengkapinya dengan menggunakan topi yang sudah dibungkus jala atau kain kasa. Gunakan pula sepatu tebal yang tertutup rapat. Hal itu dilakukan supaya menjaga kenyamanan dan keamanan serta menghindarkan diri dari sengatan lebah yang sangat berbahaya dan menyakitkan.

0 Response to "Cara Menciptakan Sangkar Lebah Madu Yang Mengundang Lebah Datang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel