Rincian Biaya Modal Perjuangan Kantin Sekolah Dan Keuntungannya

Untuk mendapat penghasilan pemanis banyak cara yang sanggup dilakukan oleh seseorang. Seperti memulai suatu bisnis yang sanggup menghasilkan laba cukup besar.  Salah satunya yakni membuka usaha kantin sekolah. Adapun sajian masakan kantin sekolah bervariasi diadaptasi dengan sasaran pasar yang dituju. Untuk sukses membuka bisnis kantin sekolah, anda hendaknya mempunyai keterampilan memasak.

Rincian Biaya Modal Usaha Kantin Sekolah dan Keuntungannya
Buat anda pemula yang  mau membuka bisnis makanan di kantin sekolah, berikut ini rincian biaya modal perjuangan kantin sekolah dan keuntungannya, antara lain:
 Untuk mendapat penghasilan pemanis banyak cara yang sanggup dilakukan oleh seseorang Rincian Biaya Modal Usaha Kantin Sekolah dan Keuntungannya

▪ Biaya Investasi
1. Belanja peralatan dan perlengkapan memasak Rp 2 juta
2. Belanja mangkok, keranjang, sendok, garpu, wadah, piring dan gelas Rp 300 ribu
3. Renovasi bangunan kantin Rp 1 juta

Total biaya investasi sebesar Rp  3.300.000.

▪ Biaya Operasional
1. Sewa kantin perbulan Rp 200 ribu
2. Belanja materi sajian masakan Rp 1 juta
3. Biaya tak terduga Rp 300 ribu

Total biaya operasional perjuangan kantin sekolah perbulan sebesar Rp 1,5 juta.

Keuntungan Usaha Kantin Sekolah
Untuk laba perjuangan kantin sekolah cukuplah besar diadaptasi dengan jumlah murid yang ada. Semakin banyak anak sekolah maka laba perjuangan kantin sekolah semakin besar. Namun apabila sekolah yang bersangkutan mempunyai jumlah murid yang sedikit maka laba perjuangan kantin sekolah juga akan sedikit.

Berdasarkan penuturan salah seorang pelaku bisnis kantin sekolah yang penulis kenal, dalam satu hari omset yang sanggup didapatkan dari perjuangan kantin sekolah minimal sebesar Rp 1 juta. Adapun omset bersihnya sekitar 30 persen. Maka dalam satu hari laba higienis perjuangan kantin sekolah sebesar Rp 300 ribu. Dikalikan satu bulan maka omset higienis perjuangan kantin sekolah sebesar Rp 9 juta perbulan. Bagaimana tidak mengecewakan bukan? Sehingga perjuangan ini sanggup menambah penghasilan dan menghasilkan omset harian yang cukup besar.

Proposal Usaha Kantin Sekolah
Salah satu problema yang seringkali dialami oleh seseorang yang hendak membuka perjuangan kantin sekolah yakni ketiadaan modal. Baik itu modal keterampilan maupun modal keuangan. Untuk modal keterampilan memasak sanggup anda pelajari secara gampang kepada hebat memasak. Untuk pemberian modal keuangan maka anda sanggup mengajukan pinjaman atau ajuan kerjasama membuka perjuangan kantin di sekolah.

Cara Mengelola Kantin Sekolah yang Baik
Berikut ini cara mengelola kantin sekolah yang baik dan benar, antara lain:

1. Merekrut tenaga karyawan
Jika anda mempunyai modal perjuangan yang sangat besar maka untuk memulai perjuangan kantin sekolah cukup mudah. Sobat sanggup merekrut tenaga karyawan bab penjaga kantin sekaligus tukang masak. Syarat utama karyawan yang anda rekrut pastinya mempunyai talenta dan terampil dalam menciptakan banyak sekali sajian kantin sekolah dasar maupun sekolah menengah.

2. Mencatat pengeluaran dan pemasukan
Dalam dunia perjuangan kantin sekolah diharapkan catatan mengenai pendapatan dan pengeluaran usaha. Sehingga kondisi keuangan sanggup dikontrol dengan baik. Arus kas berjalan lancar dan normal. Keuntungan perjuangan kantin sekolah sanggup diputar lagi untuk modal perjuangan berikutnya. Dan kalau sanggup laba dari bisnis kantin di tabungkan untuk membesarkan perjuangan anda.

Analisis Usaha Kantin Sekolah
Berdasarkan analisa penulis di lapangan, bisnis kantin sekolah kebanyakan dikelola oleh para guru honorer dan penjaga sekolah untuk menambah penghasilan. Namun tidak menutup kemungkinan, pihak luar pun sanggup membuka perjuangan kantin di sekolah dengan syarat-syarat tertentu. Seperti membayar biaya sewa kantin secara bulanan.

Persaingan bisnis kantin sekolah ketika ini sangat tinggi. Persaingan perjuangan kantin sekolah bukan hanya terjadi di dalam kompleks sekolah tapi juga di luar sekolah. Ada banyak gerai perjuangan kaki lima maupun warung kecil-kecilan yang menjajakan masakan bagi anak sekolah. Hal inilah yang menciptakan anda mesti kreatif dalam membuka perjuangan kantin sekolah semoga laku pelanggan dan omset jutaan.

Kendala Usaha Kantin Sekolah
Ada banyak hambatan dan hambatan dalam membuka perjuangan kantin sekolah. Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa hambatan perjuangan kantin sekolah, antara lain:

1. Sepi pembeli
Kondisi sepi pelanggan sanggup diakibatkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni jumlah murid sekolah sangat minim. Oleh karenanya, sebelum membuka kantin sekolah maka anda harus melaksanakan survey terlebih dulu mengenai berapa jumlah murid di sekolah tersebut. Semakin banyak jumlah murid maka semakin besar laba yang sanggup sahabat dapatkan dari bisnis kantin sekolah.

2. Tidak didukung oleh guru
Seringkali beberapa guru melarang  secara tegas anak muridnya untuk jajan di kantin yang berada di luar kompleks sekolah. Dengan alasan tidak menjamin kebersihan jajanan anak sekolah dan menjadikan lingkungan kotor. Oleh alasannya yakni itu, anda harus berani bernegosiasi dan berhubungan dengan pihak sekolah. 

Jenis Usaha Kantin Sekolah
Sementara itu, ada empat jenis perjuangan kantin sekolah, antara lain:

1. Usaha kantin sekolah PAUD atau TK
2. Usaha kantin sekolah dasar (SD)
3. Usaha kantin sekolah menengah pertama (SMP)
4. Usaha kantin sekolah menengah atas (SMA)

Penentuan jenis perjuangan kantin sekolah tersebut sangat mempunyai kegunaan untuk menentukan jenis sajian masakan dan minuman apa saja yang sempurna untuk dijual menurut pangsa pasar yang ada. Tentu sajian masakan di kantin sekolah dasar berbeda  dengan jajanan di kantin sekolah menengah atas dan pertama. Terutama menyangkut persoalan harga sajian makanan.

Untuk kantin sekolah dasar (SD) haruslah menjual banyak sekali masakan dan jajanan yang dijual dikisaran harga Rp 500 hingga dengan Rp 2000. Adapun jajanan yang paling laku bagi anak sekolah dasar yakni cilok, minuman kemasan sachet, aromanis, es camelo, es lilin, kerak telur, bakso ikan, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kantin di sekolah menengah atas dan pertama yaitu Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas haruslah menjual banyak sekali masakan dengan harga Rp 500 hingga Rp 5000. Mengingat daya beli pelajar Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas lebih besar ketimbang anak sekolah dasar.

Namun kalau anda ingin membuka perjuangan kantin sekolah yang untungnya lebih besar maka anda sanggup menentukan untuk mendirikan bisnis kantin di sekolah Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas yang sudah terkenal dengan banyak sekali jumlah muridnya.

Cara Membuka Usaha Kantin Sekolah Ramai Pembeli
Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memulai perjuangan kantin sekolah yakni memantau para pesaing. Lihatlah jenis masakan dan minuman yang laku dibeli oleh para pelajar. Sehingga anda sudah mempunyai citra mengenai jenis jajanan yang akan dijual di kantin sekolah milik anda. Selanjutnya perhatikan juga harga masakan dan minuman yang dijajakan oleh kompetitor. Pastikan anda menjual masakan dan minuman di kantin sekolah dengan harga yang lebih murah dari kompetitor.

Menu Kantin Sekolah Dasar
Jumlah sekolah dasar di banyak sekali tempat di Indonesia jumlahnya lebih banyak ketimbang sekolah Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Hal inilah yang menciptakan penulis tetapkan untuk menjadi pemasok banyak sekali jajanan anak sekolah bagi kantin sekolah dasar. Sehingga mengetahui beberapa jenis jajanan, masakan dan minuman yang terlaris di kalangan pelajar SD.

Berikut ini  beberapa sajian masakan dan minuman yang cocok dijual di kantin sekolah dasar, antara lain:

1. Cilok
2. Basreng
3. Seblak
4. Gorengan
5. Makaroni
6. Minuman kemasan

Menu Makanan Kantin Sekolah Menengah
Untuk sajian masakan kantin sekolah menengah sanggup berupa:

1. Mie baso
Inilah jenis masakan yang disukai kalangan pelajar Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Rasanya yang gurih dan nikmat menciptakan setiap siswa sanggup ketagihan. Anda sanggup menjual mie baso di kantin sekolah menengah dengan harga per porsi dimulai dari Rp 4000 hingga Rp 5000.

2. Mie ayam
Mie ayam merupakan salah satu masakan terkenal yang disukai kalangan pelajar Sekolah Menengan Atas dan SMP. Anda sanggup menciptakan mie ayam yang enak dan enak bermodalkan resep pembuatan mie ayam dari mbah google.

3. Bakso tahu
Kuliner bakso tahu sudah dikenal banyak orang. Dengan rasa yang enak dan enak menciptakan penggemar masakan ini bertambah banyak setiap tahunnya di Indonesia.

5. Siomay
Siomay merupakan masakan pengganjal perut yang digemari banyak kalangan terutama pelajar Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Anda sanggup menjual siomay di kantin sekolah dengan harga yang terjangkau. Misalkan satu porsi Rp 4000.

Demikianlah daftar sajian masakan yang cocok dijual di kantin sekolah menengah. Adapun harga masakan di atas dijual dengan harga maksimal Rp 5000 per porsi. Sehingga tidak terkesan terlalu mahal atau terlalu murah.

Kantin SD Disewakan
Apabila anda ingin simpel dan gampang dalam memulai perjuangan kantin sekolah dasar maka anda harus jeli melihat banyak sekali kondisi kantin sekolah di tempat terdekat. Misalkan di tempat penulis ada sebuah kantin sekolah yang hendak disewakan dengan alasan ia sibuk mengurus suami dan anak di rumah. Anda sanggup menyewa kantin sekolah tersebut dengan harga yang murah dan dalam jangka waktu satu bulan.

Untuk mengetahui kantin sekolah dasar yang disewakan atau tidak maka anda sanggup bertanya eksklusif kepada para pemilik kantin atau bertanya eksklusif kepada pihak sekolah. Namun untuk mendapat harga sewa kantin sekolah yang murah, anda harus berani bernegosiasi dan memperlihatkan dengan harga terendah.

0 Response to "Rincian Biaya Modal Perjuangan Kantin Sekolah Dan Keuntungannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel